Selasa, 18 Februari 2014

Pulau Beredar atau Baruh Kelayar (Baruh Bahinu Dalam)



Bila kita melangkahkan kaki menuju Desa Baruh Bahinu Dalam, Kecamatan Paringin Selatan atau sekitar 10 km dari Ibukota Kabupaten Balangan, kita akan menemukan sebuah danau yang luas dengan airnya yang jernih dan bening.
Didanau yang luasnya 4km persegi tersebut dulunya ketika diresmikan pada tahun 1958 terdapat sebuah “pulau beredar” sebuah gugusan tanah yang ditumbuhi oleh pepohonan yang berjalan atau beredar kesana kemari sesuai dengan tiupan arah angin yang luasnya sekitar seperempat hektar. Sayang pulau itu kini tak beredar lagi karena perubahan alam, walau demikian keindahan, ketenangan dan keramahan penduduknya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
Untuk menuju ke Danau Baruh Kelayar ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua melewati dua buah titian ulin yang terdapat diatas sungai Baruh Bahinu Dalam yang sangat luas dan dalam dengan panjangnya sekitar satu kilometer yaitu melalui titian dari Desa Murung Abuin ataupun dari Desa Binjai.
Setelah sampai diujung kedua jembatan ini perjalanan dapat dilanjutkan dengan melewati rimbunnya pohon karet rakyat yang sangat berliku dan melelahkan. Sejauh hampir tiga kilometer maka akan ditemukan tepi danau yang luas dan dihuni oleh berbagai jenis ikan besar seperti ikan pipih, baung, tapah, dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar