Selasa, 18 Februari 2014

Makam Datu Kandang Haji



Siapakah Datu Kandang Haji yang bergelar Datu Surya Sakti Mangku Alam atau Patih Bantar Alam , hingga kini masih diselimuti tabir misteri. Namun masyarakat Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, mengakui makam yang terletak di tepi sungai Balangan itu adalah makam sang datu yang merupakan nenek moyang mereka.
Makam ini terletak sekitar 20 km dari ibu kota Balangan (Paringin), selain tidak pernah mengalami longsor walaupun selalu diterjang arus sungai yang deras, juga menurut pengamatan warga tanah sekitar makam terus bertambah tinggi.
Dibagian depan kubah terdapat kumpulan kuburan tua yang diperkirakan adalah kuburan para pengikut datuk. Sedangkan sebelah kanan depan terdapat sebuah batang pohon kayu Mahar Kuning yang juga disebut kayu penawar seribu yang berkhasiat untuk menyembuhkan seribu macam penyakit termasuk penyakit yang sudah kronis atau parah.
Pada kubah Datu Kandang Haji terdapat sebuah kubur dengan ukuran panjang sekitar tujuh meter dengan dua buah batu nisan dimasin-masing ujungnyayang dikelilingi pagar besi dan diatasnya terbentang kain berwarna kuning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar