Selasa, 25 Februari 2014

Gunung Batu Piring (Gunung Pahajatan) Kab. Balangan



Gunung Batu Piring atau  oleh warga setempat menyebutnya Gunung Pahajatan terletak dikaki pegunungan Meratus, merupakan salah satu tempat yang cukup terkenal di Kabupaten Balangan. Tamu yang berkunjung kesana berasal ari berbagai daerah di Indonesia baik yang datang secara perorangan maupun rombongan. Bukan saja yang memiliki trah atau keturunan Batu Piring, tetapi juga masyarakat umum lainnya.

            Daerah ini dulunya merupakan daerah yang angker dan memiliki berbagai cerita aneh atau gaib, namun sering terwujud kebenarannya. Juga dipercaya menyimpan harta karun. Tidak jauh dari Pahajatan terdapat Batu Tatapasan, Kayu Sadahan, dan Mungkur Panyaungan.
Perjalanan ke Gunung Batu Piring dapat ditempuh dengan mudah, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun empat, melewati jalan beraspal mulus atau melewati jalan lingkar yang dibuat guna perluasan kota Paringin sebagai ibu kota Kabupaten Balangan.
Bila menggunakan kendaraan umum dari ibu kota Provinsi Kal-Sel dapat mengambil jurusan Banjarmasin-Amuntai atau Banjarmasin-Paringin. Jarak dari ibu kota Provinsi  kurang lebih 190 kilometer. Jarak dari kota Amuntai (Hulu Sungai Utara) ke Paringin sekitar 31 kilometer.

2 komentar:

  1. Dekat mana sanak tempatnya kalau dari arah Taman Hijau Balangan ?

    BalasHapus
  2. lewat jalan tungkap tu pank sebelum gunung (SMKN 1 PRG) kalau mulai paringin.. kalau mulai taman hijau masuk lewat jalan sebelah dpr atau apalah lupa namanya.. kalau ada banyak rumah halus halus bakain kuning, iyaaaa to dah..

    BalasHapus